Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Kolombia Selamatkan Lima Kontraktor

Kompas.com - 24/03/2010, 16:30 WIB

BOGOTA, KOMPAS.com - Tentara Kolombia Selasa menyelamatkan lima kontraktor minyak lokal yang diculik empat hari lalu oleh gerilyawan FARC di dekat perbatasan Venezuela, demikian dilaporkan pihak militer.

Orang-orang yang ditangkap itu bekerja pada perusahaan perminyakan Tuboscope dan Tecnioriente, yang dikontrak oleh unit lokal Occidental Petroleum Corp, ketika mereka ditangkap pekan lalu di dekat ladang minyak Caricare, di provinsi Arauca.

"Kelima pekerja itu diselamatkan setelah bentrok dengan para pejuang FARC tersebut," kata komandan militer wilayah itu, Jenderal Rafael Neira.

Dia tidak memberikan penjelasan lainnya. Aksi kekerasan dari negara yang lama diganggu perang itu telah dipadamkan di bawah Presiden Alvaro Uribe, yang mengirimkan tentara untuk mengambil-alih daerah-daerah yang dikuasai pemberontak.

Namun kasus penculikan merupakan ancaman gerilyawan yang masih ada hingga sekarang di daerah-daerah terpencil, daerah-daerah perdesaan.

FARC atau Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia telah kembali bangkit setelah melemah dalam beberapa dasawarsa, sementara itu investasi luar negeri, khususnya minyak dan pertambangan makin berkembang cepat.

Kolombia adalah negara penghasil minyak nomor empat di Amerika Latin dengan produksi lebih dari 700.000 barel per hari.

Pemberontak seringkali menculik penduduk sipil untuk diperas, namun mereka juga pernah menahan 24 tentara dan polisi guna meningkatkan pengaruh politik, sebagai bagian dari pemberontakan terlama mereka di Amerika Latin.

FARC berencana akan membebaskan dua tentara kepada Palang Merah pekan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com