Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Indonesia, Obama Tak Boleh Tebar Janji

Kompas.com - 17/03/2010, 15:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan, pemerintah harus bisa mengambil manfaat sebesar-besarnya dari kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia.

Pemerintah, dikatakan Hidayat, harus menagih janji Obama yang selalu disampaikan dalam pidatonya, di antaranya, mengenai perbaikan hubungan Amerika Serikat dengan dunia Islam.

"Pemerintah harus firm dalam satu sikap menagih janji Obama yang disampaikan dalam pidatonya, kampanyenya akan membuka sejarah baru untuk hubungan yang saling bermartabat antara AS dengan dunia Islam. Kalau dalam kunjungannya di Kairo hanya sekadar pidato, di Indonesia dia harus merealisasikan komitmennya. Jangan berjanji lagi," kata anggota Komisi I DPR ini, Rabu (17/3/2010) di Jakarta.

Jika hal tersebut bisa didesakkan pemerintah, menurut Hidayat, penolakan sejumlah kalangan atas kedatangan Obama akan bisa diredam.

"Misalnya, konkret soal isu Israel, double standard yang dicapai Amerika dalam menghadapi masalah Israel," ujar Hidayat. Realisasi janji Amerika untuk membangun hubungan yang sehat dan seimbang dengan dunia Islam, diyakininya akan menjadi salah satu upaya mengikis tindakan terorisme yang dinilainya berawal dari rasa ketidakadilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com