Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Pakistan Gempur Sarang Taliban

Kompas.com - 01/02/2010, 03:22 WIB

PESHAWAR, KOMPAS.com - Sejumlah jet tempur dan helikopter hari Minggu membom sebuah distrik di Pakistan barat laut. Serangan udara itu dilakukan setelah sehari sebelumnya terjadi serangan bom bunuh diri. Minggu kemarin, dua personel keamanan juga tewas dalam ledakan bom di tempat lain.

Pemboman bunuh diri pada hari Sabtu di Kota Khar merupakan yang terakhir dari serangkaian serangan di Bajaur, daerah suku yang berbatasan dengan Afganistan. Pejabat tinggi daerah setempat, Iqbal Khatak mengatakan, jumlah kematian meningkat pada tengah malam menjadi 17 dan 46 orang cedera.
       
"Dua prajurit termasuk di antara mereka yang tewas dalam serangan terhadap pos pemeriksaan militer itu," katanya.
       
Pihak berwenang memberlakukan larangan keluar rumah di Khar, kota utama Bajaur dan desa-desa yang berdekatan, sementara semua jalan utama ditutup. "Jet-jet tempur dan helikopter membom dan menembaki tempat persembunyian dan pangkalan militan di Mamoond dan Salarzai," kata pejabat daerah Jameel Khan, menunjuk pada dua kota sekitar 15 kilometer dari Khar.
       
"Pasukan darat juga mengambil bagian dalam serangan ini," tambahnya.

Seorang pejabat keamanan di daerah itu mengkonfirmasi bahwa serangan udara gencar dilakukan. Sementara itu, di daerah berdekatan Mohmand, ledakan bom pinggir jalan Minggu di kota Safi menewaskan dua personel keamanan.
       
"Bom yang dikendalikan dari jarak jauh ditanam di kota Safi -- dua personel keamanan mati syahid dan dua orang cedera dalam ledakan ini," kata Mayor Fazal-ur-Rehman, juru bicara korps perbatasan paramiliter.

Bajaur dan Mohmand terletak di ujung utara kawasan suku di sepanjang perbatasan Afganistan. Kerusuhan meningkat di wilayah itu dalam beberapa pekan terakhir ini ketika pasukan keamanan berusaha menghancurkan tempat-tempat persembunyian Taliban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com