Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Benediktus XVI: Temukan Kembali Kesederhanaan Natal

Kompas.com - 25/12/2009, 09:45 WIB

VATIKAN, KOMPAS.com — Paus Benediktus XVI, dalam kotbah Malam Natalnya di Basilika Santo Petrus, Kamis malam, menyerukan kepada dunia untuk "bangun" dari sifat mementingkan diri dan urusan mencari uang semata, untuk kemudian menyediakan waktu bagi Tuhan dan hal-hal spiritual.

Lebih dari 10.000 umat Katolik menghadiri misa Malam Natal di Basilika Santo Petrus itu. Paus berusia 82 tahun itu menyerukan agar umat menemukan kembali kesederhanaan pesan kelahiran Yesus. Dia menceritakan kembali kisah kelahiran Kristus di sebuah palungan di Bethlehem dan mengimbau umat Katolik untuk menyampingkan kompleksitas dan hambatan-hambatan kehidupan harian demi mencari jalan Tuhan.

"Kita menjalani hidup berdasarkan prinsip-prinsip di tengah urusan duniawi dan kehidupan kemudian menemukan kembali jalan menuju Tuhan. Kita menjalani hidup kita berdasarkan prinsip-prinsip di tengah urusan duniawi dan pekerjaan yang secara total mengisap kita dan menjauhkan kita dari palungan," katanya.

"Dengan segala macam cara, Tuhan memberikan dorongan dan mengulurkan tangan untuk kita lagi dan lagi sehingga kita dapat keluar dari kekacauan pikiran dan aktivitas kita dan menemukan jalan yang mengarah kepada-Nya," katanya.

Untuk pertama kali, misa Malam Natal tahun ini dimajukan dua jam lebih awal dari biasanya, yang dimulai tepat tengah malam. Pihak Vatikan mengatakan, misa sengaja dimajukan untuk memberi waktu istirahat bagi Paus agar bisa segar kembali untuk memimpin Misa Natal pada Jumat ini, saat Paus akan memberikan pesan Natal dan berkat bagi kota dan dunia (urbi et orbi). Pihak Vatikan memastikan, tidak ada masalah dengan kesehatan Sri Paus. Pemajuan jadwal hanya sebagai langkah antisipasi bagi kondisi Sri Paus.

Perayaan Malam Natal kali ini juga diwarnai "drama" seorang perempuan yang menyeruduk Sri Paus hingga terjauh saat hendak menuju ke altar untuk memulai misa. Perempuan itu berhasil menerobos barikade lalu menabrak Paus hingga terjatuh. Namun kemudian, Paus bangun lagi sendiri dan tidak terluka.

Menurut juru bicara Vatikan, Ciro Benedettini, perempuan itu tampaknya dalam kondisi mental yang tidak stabil. Wanita penyusup itu langsung ditahan dan diamankan pihak keamanan Vatikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com