Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmadinejad: Aliansi Iran-Venezuela Penting

Kompas.com - 19/11/2009, 03:41 WIB

CARACAS, KOMPAS.com - Presiden Iran Mahmoud Amhadinejad menyatakan aliansi antara Iran dan Venezuela kini memasuki babak penting."Kerja sama antara negara-negara revolusioner Iran dan Venezuela penting selama kurun waktu ini," kata Ahmadinejad dalam sebuah pernyataan, dan ia mendesak hubungan bilateral diperluas.

Pernyataan tersebut disampaikan Ahmadinejad saat menerima selama kunjungan Menteri Luar Negeri Venezuela Nicolas Maduro di Teheran. Maduro berangkat menuju Teheran pada Senin untuk mempersiapkan kunjungan mendatang Ahmadinejad ke Venezuela, sekutu utama Iran di Amerika Latin. Tanggal pasti lawatan itu belum diumumkan, namun pemimpin Iran tesebut akan mengunjungi Brasil pada 23 November.

Kunjungan sebelumnya pada Mei dibatalkan karena pemilihan presiden Iran pada 12 Juni yang dimenangi oleh Ahmadinejad namun dipermasalahkan oleh oposisi.

Presiden Venezuela Hugo Chavez mengunjungi Iran pada September dan menyuarakan dukungan bagi program nuklir Iran, yang disebut Israel dan negara Barat sebagai selubung untuk membuat senjata nuklir namun Teheran membantahnya.

Venezuela dan Iran telah menandatangani sejumlah perjanjian kerja sama dalam beberapa tahun ini, yang mencakup bidang-bidang politik, keuangan, pertahanan dan teknologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com