Kartu Domino Penanda 20 Tahun Ambruknya Tembok Berlin

Kompas.com - 09/11/2009, 19:41 WIB
Editorprimus

BERLIN, KOMPAS.com — Kartu domino raksasa bakal dirobohkan pada peringatan 20 tahun runtuhnya Tembok Berlin. Kartu tersebut juga menjadi penanda bagaimana pemerintahan komunis di Eropa Timur jatuh secara beruntun pada 1989.
 
Sementara itu, pada Senin (9/11), para pemimpin dunia akan bergabung bersama ribuan orang pada peringatan yang membuka jalan berakhirnya Perang Dingin. Perayaan utama di kota akan berlangsung di Gerbang Brandenburg, simbol reunifikasi Jerman tahun 1990.

Komunis Jerman Timur membangun tembok baja sepanjang 155 kilometer pada 1961 yang mengelilingi Berlin Timur. Tembok itu kemudian mencegah warga Jerman Timur lari ke wilayah negara kapitalis. Lebih dari 100 orang diyakini tewas di Tembok Berlin ketika berusaha melarikan diri. Tembok itu dibuka secara mendadak pada 9 November 1989 menyusul aksi protes pro-demokrasi.

Sementara itu, Guenter Schabowski, mantan pejabat Jerman Timur yang komentarnya menyebabkan ambruknya tembok, mengakui adanya kerusakan komunikasi dengan ketua partainya, Egon Krenz, mengenai pengumuman peraturan baru perjalanan warga Jerman Timur.

Dia mengatakan kepada BBC bahwa dia tidak menyesalkan apa yang disebut kesalahan sendiri yang menyebabkan Jerman bergabung secara damai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.