Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Domino Penanda 20 Tahun Ambruknya Tembok Berlin

Kompas.com - 09/11/2009, 19:41 WIB

BERLIN, KOMPAS.com — Kartu domino raksasa bakal dirobohkan pada peringatan 20 tahun runtuhnya Tembok Berlin. Kartu tersebut juga menjadi penanda bagaimana pemerintahan komunis di Eropa Timur jatuh secara beruntun pada 1989.
 
Sementara itu, pada Senin (9/11), para pemimpin dunia akan bergabung bersama ribuan orang pada peringatan yang membuka jalan berakhirnya Perang Dingin. Perayaan utama di kota akan berlangsung di Gerbang Brandenburg, simbol reunifikasi Jerman tahun 1990.

Komunis Jerman Timur membangun tembok baja sepanjang 155 kilometer pada 1961 yang mengelilingi Berlin Timur. Tembok itu kemudian mencegah warga Jerman Timur lari ke wilayah negara kapitalis. Lebih dari 100 orang diyakini tewas di Tembok Berlin ketika berusaha melarikan diri. Tembok itu dibuka secara mendadak pada 9 November 1989 menyusul aksi protes pro-demokrasi.

Sementara itu, Guenter Schabowski, mantan pejabat Jerman Timur yang komentarnya menyebabkan ambruknya tembok, mengakui adanya kerusakan komunikasi dengan ketua partainya, Egon Krenz, mengenai pengumuman peraturan baru perjalanan warga Jerman Timur.

Dia mengatakan kepada BBC bahwa dia tidak menyesalkan apa yang disebut kesalahan sendiri yang menyebabkan Jerman bergabung secara damai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com