Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prajurit TNI Terima Medali PBB di Lebanon

Kompas.com - 07/10/2009, 09:11 WIB

LEBANON, KOMPAS.com — Prajurit TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda di Lebanon Selatan mendapat penganugerahan Medali PBB. Medali disematkan langsung oleh Unifil Force Commander (FC) Mayor Jenderal Claudio Graziano dari Italia dalam sebuah upacara di Markas Batalyon Infanteri Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-C, Selasa (6/10).

Sebanyak 1.148 prajurit TNI yang tergabung pada misi Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) berhak menyandang medali PBB setelah lebih dari sembilan bulan menjalankan tugas sesuai Resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 1701 sebagai peace keeper di Lebanon Selatan.

Bertindak selaku Komandan Upacara Wadansatgas Indobatt Letnan Kolonel Mar Suherlan. Upcara dihadiri lebih dari 300 undangan, baik sipil maupun militer. Hadir pula beberapa pejabat sipil Lebanon dan beberapa tokoh agama setempat. Dari KBRI Beirut hadir Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Lebanon R Bagas Hapsara beserta beberapa staf kedutaan dan Atase Pertahanan RI yang berkedudukan di Kairo-Mesir, Kolonel Laut Sigit S beserta isteri.

Dalam amanatnya, Mayjen Graziano menyatakan bahwa medali merupakan bentuk penghargaan dan pengakuan PBB atas jasa para prajurit TNI dalam berkontribusi kepada UNIFIL sehingga stabilitas keamanan dan perdamaian di Lebanon Selatan dapat tercapai. Penganugerahan ini istimewa karena dilakukan sehari setelah Ulang Tahun ke-64 Tentara Nasional Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com