Banjir India Tewaskan 250 Orang, 2,5 Juta Kehilangan Rumah

Kompas.com - 06/10/2009, 22:28 WIB
Editor

HYDERABAD, KOMPAS.com-Tim penyelamat bekerja keras menggunakan kapal motor dan helikopter untuk menyalurkan bantuan kepada sekitar 5 juta orang korban banjir di India selatan.

Banjir bandang di Karnataka dan Andhra Pradesh dilukiskan sebagai banjir terburuk dalam beberapa dekade terakhir di wilayah tersebut. Musibah ini telah menewaskan sedikitnya 250 orang dan membuat 2,5 juta warga kehilangan rumah.

Jutaan hektare lahan pertanian terendam air memicu kekhawatiran anjloknya produksi gula di Karnataka. Wilayah ini adalah produsen gula terbesar ketiga di India.

Saat tim penyelamat berjuang menyalurkan bantuan, banyak korban mengeluhkan lambannya upaya penyelamatan. "Kami tidak memiliki fasilitas apa pun di sini. Bahkan makanan dan air pun tidak tersedia," kata seorang wanita di kamp pengungsian di distrik Kurnool, Andhra Pradesh, Selasa (6/10).

Para pejabat pemerintah mengatakan hancurnya jalan-jalan akibat diterjang banjir menyulitkan pemerintah menyalurkan bantuan. "Semua orang seharusnya memahami bahwa kami menghadapi banjir terburuk sepanjang hidup kami," kata Mukesh Kumar Meena, seorang pejabat lokal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.