Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pimpinan IMF Dilempar Sepatu

Kompas.com - 01/10/2009, 17:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pimpinan Dana Moneter Internasional (IMF), Dominique Strauss-Kahn, mengalami nasib naas. Ketika sedang berceramah di Universitas Bilgi di Istanbul, Turki, ia dilempar sepatu olahraga oleh seorang pengunjuk rasa.

Pelaku, yang diperkirakan seorang pelajar itu, melemparkan sepatu olahraga kepada Strauss-Kahn sambil berteriak, "IMF, pergi dari Turki!" Menurut koresponden AFP yang menyaksikan peristiwa itu, lemparan tidak mengenai Strauss-Kahn yang saat itu sedang menjawab pertanyaan di akhir ceramahnya.

Petugas keamanan langsung menyeret pelaku keluar ruangan. Strauss-Kahn sendiri terlihat tenang menghadapi peristiwa itu.

Beberapa pemrotes lainnya langsung berdiri, bertepuk tangan, dan meneriakkan bahwa IMF telah berkolusi dengan Pemerintah Turki yang telah bernegosiasi untuk pinjaman baru sejak tahun lalu. "IMF pencuri! IMF pencipta perang dan membuat orang-orang miskin!" teriak mereka.

Setelah peristiwa itu, juru bicara IMF, Caroline Atkinson, kepada para reporter memberikan reaksi yang ironis terhadap kejadian itu. "Direktur Utama menyebutkan, para pelajar setidaknya cukup sopan karena menunggu sampai akhir diskusi," ujarnya.

IMF, lanjutnya, perlu berbicara dan mendengarkan kepada setiap orang, meskipun ia tidak setuju dengan lembaga keuangan internasional itu.

Strauss-Kahn berada di Istanbul untuk menghadiri pertemuan tahuan antara IMF dan Bank Dunia pekan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com