Rusia Siap Pertahankan Ossetia Selatan

Kompas.com - 02/08/2009, 11:29 WIB
Editor

MOSKWA, KOMPAS.com — Rusia, yang prihatin dengan penembakan di daerah perbatasan antara Georgia dan Ossetia Selatan, tidak menutup kemungkinan penggunaan kekuatan militer guna mempertahankan wilayah yang berusaha memisahkan diri itu. Demikian diungkapkan Kementerian Pertahanan, Sabtu (1/8).
   
Diberitakan sebelumnya, Georgia beberapa kali melepaskan tembakan ke Ossetia Selatan beberapa hari belakangan. Hal tersebut menimbulkan "keprihatinan serius di Kementerian Pertahanan Rusia", kata kementerian tersebut.
   
"Dalam kasus provokasi yang mengancam penduduk dan militer Rusia yang ditempatkan di Ossetia Selatan, kementerian memilik hak untuk menggunakan segala cara yang tersedia serta kekuatan guna mempertahankan warga negara di Ossetia Selatan dan personel militer Rusia," katanya.
   
Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri Georgia menyatakan tentara di ibu kota Ossetia Selatan, Tskhinvali, menembak beberapa desa Georgia yang berdekatan pada Rabu malam hingga Kamis.
   
Sedangkan pemerintah Ossetia Selatan mengatakan bahwa merekalah yang berada di pinggiran kota Tskhinvali yang diserang mortir Georgia pada Rabu malam.
   
Ossetia Selatan dan Abkhazia, republik separatis lain Georgia, memisahkan diri dari kekuasaan Tbilisi selama perang 1990-an menyusul ambruknya Uni Soviet.
   
Rusia dan Georgia terlibat perang lima hari Agustus lalu, ketika Georgia menyerang wilayah separatis yang berbatasan dengan Rusia. Sebagai reaksi terhadap peristiwa itu, Moskwa mengirim tentara guna mengusir pasukan Georgia dari wilayah tersebut.
   
Dalam satu wawancara dengan kantor berita Inggris, Reuters, Eduard Kokoity, yang memproklamasikan diri sebagai Presiden Ossetia Selatan, mengatakan, ia ingin Rusia mengirim tentara tambahan dan "senjata yang lebih serius", untuk menyatukan rakyatnya dengan Rusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.