Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarkozy: Serangan Israel ke Iran Akan Jadi Bencana

Kompas.com - 10/07/2009, 07:23 WIB

L'AQUILA, KOMPAS.com — Presiden Perancis Nicolas Sarkozy memperingatkan serangan sepihak oleh Israel terhadap Iran untuk merintangi ambisi nuklir republik Islam itu akan menjadi bencana nyata.

Sarkozy berbicara itu setelah pertemuan puncak G-8 dan beberapa pemimpin lain di Italia, Kamis (9/7).

"Israel harus tahu bahwa negara itu tidak sendiri dan melihat semua ini dengan tenang. Jika saya berusaha sangat keras atas nama Perancis untuk membuat orang membicarakan mengenai Iran itu juga pesan pada Israel bahwa mereka tidak sendiri," katanya.

Banyak orang di Israel menganggap langkah Iran, yang pemimpinnya sangat anti-Israel, untuk memperoleh senjata nuklir sebagai ancaman utama. Dan para pemimpin Israel mengancam melakukan aksi militer.

Presiden AS Barack Obama telah berusaha meyakinkan Iran untuk memulai pembicaraan mengenai masalah nuklir guna menahan konflik, tetapi Iran belum menanggapi. Dan Sarkozy memperingatkan bahwa jika rezim itu gagal melakukan hal itu "akan ada sanksi".

Israel telah melakukan serangan udara pada 1981 terhadap fasilitas nuklir Irak ketika Saddam Hussein, musuh yang disumpahinya, berkuasa di Baghdad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com