Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Ucapkan Selamat kepada Ahmadinejad

Kompas.com - 16/06/2009, 06:05 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara mengucapkan selamat pada Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad atas terpilihnya kembali dan mengharapkan keberhasilannya dalam mencegah campur tangan asing di negaranya, media pemerintah mengatakan, Senin (15/6).
   
Kepala negara de facto negara komunis itu, Kim Yong-Nam, dalam satu pesan, Minggu, mengatakan pada Ahamdinejad, kemenangannya dalam pemilihan mencerminkan dukungan dan kepercayaan rakyat Iran.
   
Kim "sungguh-sungguh mengharapkan keberhasilannya dalam tanggungjawabnya bekerja untuk menghalangi tekanan dan campur tangan pihak luar serta membangun Iran yang merdeka dan makmur," kata kantor berita resmi Korea Utara KCNA.
   
Ia menyampaikan kepercayaannya bahwa hubungan bersahabat yang "telah ditempa dalam perjuangan bersama mencapai kemerdekaan melawan imperialisme akan tumbuh lebih kuat yang menguntungkan di semua bidang".
   
Korea Utara dan Iran keduanya terlibat dalam konfrontasi dengan Barat mengenai program nuklir mereka dan diduga telah bekerjasama dalam mengembangkan rudal balistik jarak jauh.
   
Kemenangan Ahmadinejad telah memicu kekecauan terburuk dalam satu dasawarsa, dengan para pendukung oposisi mengeluhkan kecurangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com