Peran Islam di Australia

Kompas.com - 09/06/2009, 21:26 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu delegasi beranggotakan tiga tokoh muslim muda Indonesia telah bertolak ke Australia untuk mengikuti program pertukaran dwipihak.  "Program pertukaran bilateral dimaksudkan untuk mendorong saling pengertian dan kerjasama antartokoh muda di kedua negara," kata Duta Besar Australia untuk Indonesia, Bill Farmer di Jakarta, Selasa (9/6).
     
Mereka akan berada di Australia selama dua pekan. Farmer berharap kunjungan tersebut akan memberi sumbangsih bagi pengertian yang lebih baik di Indonesia tentang peran penting yang dimainkan Islam di Australia kontemporer yang multi-budaya.
     
"Islam di Australia merupakan kisah yang dinamis dan berevolusi dengan sejarah yang kaya dan salah satu kebanggaan negeri kami," ujarnya. Farmer menyatakan bahwa saat ini jumlah umat Islam di Australia sebanyak 400 ribu yang berasal dari 120 negara termasuk masyarakat Indonesia yang tinggal di sana.
    
"Program pertukaran ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para tokoh muda masyarakat muslim Indonesia untuk membahas bersama rekan-rekan mereka di Australia dan sejumlah masalah penting menyentuh rakyat di kedua negara," kata dubes itu.
    
Program Pertukaran Tokoh Muda Muslim Australia-Indonesia didirikan oleh Pemerintah Australia melalui Lembaga Australia-Indonesia (AII) pada tahun 1989. Selama dua dasawarsa terakhir, AII telah memainkan peran unik dan vital dalam mengembangkan persahabatan dan pemahaman antara Australia dan Indonesia melalu proyek-proyek seni, musik, pendidikan, kepemudaan, masyarakat madani, antar-agama, media dan olahraga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.