Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinilai Mata Keranjang, Berlusconi Dicerai Istri Kedua

Kompas.com - 04/05/2009, 10:50 WIB

KOMPAS.com — "Masalah ini menyakiti hatiku dan biarlah menjadi masalah pribadi yang tidak seharusnya dibeberkan." Potongan kalimat itu merupakan bagian dari keterangan istri kedua Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi, Veronica Lario, yang memutuskan bercerai dari suaminya itu setelah beberapa tahun pisah ranjang.

Sebelum melayangkan pengajuan cerai, Lario jarang terlihat menghadiri beberapa acara resmi ataupun perjalanan dinas yang dihadiri oleh Berlusconi. Lario memastikan perceraiannya pada Minggu (3/5) setelah tidak tahan dengan ulah suaminya yang dikenal kerap tergiur dengan daun muda dan cantik.

Setelah 19 tahun menjalani hidup pernikahan dan dikaruniai tiga anak, mantan aktris itu mengaku terpaksa menyewa seorang pengacara untuk memulai proses pisah ranjang dan perceraian terhadap miliuner yang dikenal sebagai taipan media itu. "Saya terpaksa menempuh langkah ini," demikian potongan pernyataan Lario seperti dikutip oleh harian La Stampa dalam edisi Minggu.  

Pekan lalu Lario secara terbuka menyuarakan kepada publik mengenai kejengkelannya terhadap partai politik Berlusconi yang memasukkan sejumlah model dan bintang televisi dalam daftar kandidat Parlemen Eropa. "Tingkah lakunya yang liar dan tak tahu malu telah menyinggung kredibilitas semua perempuan dan merusak citra perempuan pada umumnya, terutama mereka yang selalu memperjuangkan martabatnya," kata Lario seperti dikutip oleh kantor berita Italia, ANSA.

Lario juga mengecam Berlusconi yang dilaporkan menghadiri ulang tahun ke-18 seorang wanita di Napoli. Lario mengaku terkejut dengan adanya laporan itu karena Berlusconi sendiri tak pernah menghadiri ulang tahun ke-18 dari anak-anaknya walaupun diundang. Wanita yang dimaksud bernama Noemi Letizia yang memanggil Berlusconi dengan sebutan "papi" atau "daddy."   

Dalam sebuah hasil jepretan foto media, Letizia diabadikan dengan pose mengenakan kalung berlian bertakhta emas yang merupakan hadiah ulang tahun pemberian Berlusconi. Ini bukan pertama kalinya Lario secara terbuka di hadapan publik melabrak kegenitan Berlusconi.

Dua tahun lalu Lario mendapatkan permohonan maaf yang disampaikan kepada publik oleh Berlusconi sebagai reaksi cepatnya menanggapi pernyataan Perdana Menteri Italia itu terhadap seorang bintang televisi yang cantik jelita, Mara Carfagna. Pernyataan Berlusconi untuk Mara Carfagna yang dikutip oleh harian berhaluan kiri Repubblica itu berbunyi, "Seandainya aku belum menikah, aku akan segera menikahimu."

Carfagna saat ini menjabat sebagai Menteri Urusan Kesetaraan Wanita di pemerintahan Berlusconi. Lario dan Berlusconi yang bertemu pada 1980 dan menikah 10 tahun kemudian telah mempunyai tiga anak berusia sekitar 20 tahun.

Bantahan dan perselingkuhan

Berlusconi telah mempunyai dua anak dari pernikahan pertamanya. Upaya Berlusconi untuk mempertahankan keutuhan rumah tangga dengan istri keduanya ini telah diguncang sejumlah masalah setelah keduanya pisah ranjang dan masing-masing diisukan terlibat skandal.  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com