Rusia Teken Perjanjian dengan Abkhazia dan Ossetia Selatan

Kompas.com - 30/04/2009, 16:53 WIB
Editor

MOSKWA, KOMPAS.com — Rusia, Kamis (30/4), menandatangani perjanjian-perjanjian dengan wilayah-wilayah Georgia yang memberontak Abkhazia dan Ossetia Selatan. Di tempat itu, Moskwa secara resmi memikul tanggung jawab atas pertahanan perbatasan-perbatasan kedua negara itu dengan Georgia.
    
Presiden Rusia Dmitry Medvedev menandatangani perjanjian-perjanjian itu dengan pemimpin Abkhazia Sergei Bagapsh dan pemimpin Ossetia Selatan Eduard Kokity dalam satu acara di Kremlin.
    
"Pihak Ossetia Selatan sampai terbentuknya penjaga perbatasannya sendiri, demi kepentingan kedaulatannya dan keamanan Federasi Rusia, akan menyerahkan wewenang untuk melindungi perbatasan itu kepada Rusia, kata sebuah fotokopi perjanjian yang diperoleh AFP.
    
Perjanjian dengan Abkhazia isinya juga sama dengan perjanjian Ossetia Selatan itu. Kedua perjanjian itu berlaku untuk lima tahun ke depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.