Daging Babi Lokal Siap Gantikan Daging Impor

Kompas.com - 30/04/2009, 16:06 WIB
Editor

NEW YORK, KOMPAS.com — Buat Anda penggemar daging babi, tak perlu khawatir bakal kekurangan pasokan. Meski pemerintah menutup rapat-rapat keran impor daging babi, pengusaha nasional sudah siap menggantikannya dengan daging lokal. "Kami sudah siap," tegas Haniwar Syarif, Direktur Eksekutif Asosiasi Industri Pengolahan Daging Indonesia (AIPDI) kepada Kontan, Kamis (30/4).

Menurut Haniwar, penutupan sementara keran impor untuk daging babi dari negara pandemi cukup baik. Sebab, peternakan babi di Indonesia sebenarnya sudah mampu mencukupi kebutuhan dalam negeri. Bahkan, menurutnya, kualitas daging babi lokal tak kalah dengan daging impor. Daerah yang punya kualitas daging yang bagus berasal dari Bali.

Sementara itu, penyebaran virus flu babi di sejumlah negara belum memengaruhi harga daging babi dalam negeri. “Dari pantauan ke beberapa pasar per tanggal 29 kemarin, harga daging babi masih relatif stabil yaitu Rp 50.000 per kilogram,” jelasnya.

Tambahan saja, produksi daging olahan di Indonesia saban tahunnya, menurut Haniwar, mencapai 55.000 ton yang berarti 10 persen dari total produksi daging olahan. (Epung Saepudin/Kontan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.