Kontroversi Bocah 8 Tahun Dinikahi Pria 58 Tahun

Kompas.com - 20/04/2009, 06:31 WIB
Editor

RIYADH, KOMPAS.com-Arab Saudi kini tengah mempertimbangkan menerapkan usia minimum untuk menikah.

Demikian menurut seorang pejabat kementerian kehakiman yang dikutip hari Minggu (19/4), setelah sebuah pengadilan mengesahkan perkawinan seorang gadis berusia 8 tahun dengan seorang pria yang 50 tahun lebih tua.

Surat kabar Al-Madina mengutip Mohamed al-Babtain, direktur urusan perkawinan pada kementerian kehakiman Arab Saudi, mengatakan, kementerian itu telah mulai ”memeriksa usia sah untuk menikah”. Pejabat tersebut tidak menjelaskan pernyataannya lebih lanjut.

Arab Saudi selama ini tidak mempunyai batas usia sah untuk pernikahan.

Para pejabat kementerian kehakiman tidak bisa dimintai komentarnya tentang hal ini.

Surat kabar itu juga mengutip seorang ulama terkemuka, Sheikh Mohsen al-Obaikan, yang mengatakan bahwa gadis-gadis di bawah usia 18 tahun seharusnya tidak diperbolehkan untuk menikah.

”Sebagian orangtua mengawinkan anak-anak perempuan mereka untuk kepentingan pribadi atau materi tanpa memedulikan sama sekali kepentingan anak gadis tersebut,” kata Obaikan.

Obaikan mengimbau dilarangnya ”mengawinkan gadis-gadis kecil di bawah usia 18 tahun untuk menghindari dampak buruk ini,” tambah surat kabar itu.

Sebuah pengadilan di kota Unaiza pekan lalu mengesahkan untuk kedua kalinya perkawinan gadis cilik itu dengan seorang lelaki yang lebih tua 50 tahun darinya, dengan syarat lelaki itu tidak berhubungan seksual dengannya sampai anak gadis itu akil balik.

Putusan pengadilan itu telah menimbulkan kritik internasional. (Reuters/DI)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X