Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenang Kim Il Sung dengan Mengaktifkan Kembali Nuklir

Kompas.com - 16/04/2009, 08:23 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara merayakan hari ulang tahun mendiang pendiri negara komunis ini Kim Il Sung, Rabu (15/4). Perayaan itu berlangsung saat Korea Utara yang mengusir beberapa inspektur senjata internasional itu bersiap mengoperasikan kembali reaktor nuklirnya.

Korea Utara yang mengklaim telah mengirimkan sebuah satelit ke ruang angkasa pada 5 April lalu merespon dengan penuh amarah, Selasa (14/4), kecaman Dewan Keamanan PBB terhadap peluncuran itu. Dewan Keamanan PBB menyebut peluncuran satelit Korea Utara tersebut sebagai bentuk pelanggaran resolusi yang melarang Pyongyang dari aktivitas yang berkaitan dengan rudal balistik, termasuk peluncuran roket jarak jauh.
       
Korea Utara berjanji memboikot kelanjutan perundingan internasional yang membahas program perlucutan nuklirnya. Beberapa inspektur Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah diusir  oleh Korea Utara dari lokasi reaktor nuklir Yongbyon kemarin.
       
Beberapa pakar IAEA telah melepas seluruh seluruh logo badan ini dari fasilitas nuklir berikut kamera pengintainya sebelum meninggalkan ibukota Pyongyang. Sementara Jepang bersama Rusia dan AS mendesak Korea Utara agar kembali ke perundingan perlucutan senjata yang mencakup Korea Selatan dan China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com