Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga David Buat Tim Verifikasi

Kompas.com - 01/04/2009, 17:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Keluarga mahasiswa Fakultas Elektro dan Elektronik Universitas Teknologi Nanyang (NTU), David Hartanto Widjaja, membuat tim verifikasi untuk mencari kebenaran tentang penyebab kematian Juara Olimpiade Matematika 2005 di Meksiko itu. 

"Tim verifikasi akan mencari tahu apa penyebabnya. Tapi ini bukan investigasi. Kenapa kami tidak mau menggunakan kata investigasi? Karena sesungguhnya kata investigasi hanyalah publik yang bisa menilainya," ujar Ketua Tim Verifikasi Kasus David, Iwan Piliang, dalam konferensi persnya bersama keluarga Widjaja, Jakarta, Rabu (1/4).

Menurut dia, tim verifikasi akan memulai penyelidikan pada penelitian David. Penelitian bungsu dua bersaudara itu berjudul Multiview Aquisitions from Multi-camera Configuration for Person Adaptive 3D Display.

Iwan mengatakan, riset David bernilai ekonomi tinggi. "Apakah nilai ekonomi riset itu yang membawa maut, itu benang merah yang terus kami selidiki. Oleh karena itu, besok, Kamis (2/4), kami akan ke Labtek VIII lantai 2 ITB, untuk mencari tahu tentang penelitian David," kata Iwan. 

Literary Citizen Reporter itu juga menuturkan, tim akan berangkat ke Singapura untuk melakukan verifikasi. "Kemarin-kemarin cara formal tidak bisa, jadi kami akan gunakan cara nonformal. Jadi mahasiswa mungkin," tuturnya. 

David diduga tewas bunuh diri setelah menusuk dosen pembimbing tugas akhirnya, Profesor Chan Kap Luk (45), pada 2 Maret 2009 di kampusnya. Namun, keluarga mahasiswa tingkat akhir itu tidak percaya David tewas bunuh diri. 

Keluarga yakin, bungsu dari dua bersaudara itu tewas akibat dibunuh. Kesimpulan ini dilihat dari sejumlah kejanggalan pada peristiwa itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com