Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perombakan Besar Kabinet Kuba

Kompas.com - 03/03/2009, 11:40 WIB

HAVANA, SELASA — Pemimpin Kuba Raul Castro mengumumkan perombakan kabinet secara besar-besaran, termasuk pencopotan dua politisi terkemuka, Senin (2/3).

Stasiun televisi negara mengumumkan, Sekretaris Kabinet Carlos Lage dan Menteri Luar Negeri Felipe Perez Roque termasuk dalam 11 pejabat yang tidak mendapat tempat lagi.

Pengumuman disampaikan oleh stasiun televisi negara setelah siaran berita tengah hari—lengkap dengan rinciannya—seperti dilaporkan BBC, Selasa. Disebutkan juga bahwa perombakan kabinet ini sejalan dengan rencana presiden untuk meningkatkan efisiensi.

Perombakan kabinet ini merupakan yang terbesar dalam sejarah Kuba dan ditempuh oleh Raul Castro yang mengambil alih kepemimpinan dari abangnya yang sakit, Fidel, tahun lalu. Presiden Raul Castro memang sudah pernah menyampaikan keinginan untuk melakukan restrukturisasi pemerintahan, tetapi Kuba tidak pernah menghadapi perombakan sebesar ini sejak Revolusi Kuba sekitar 50 tahun lalu.

Para wartawan mengatakan, Raul Castro tampaknya sedang berupaya memberi stempel pribadi kepada pemerintahan yang masih membawa bayang-bayang abangnya. Sejumlah pejabat yang diganti adalah para loyalis Fidel Castro, termasuk Lage dan Perez Roque, yang sempat dianggap sabagai calon-calon pemimpin masa depan.

Pengganti Lage adalah Jenderal Jose Amado Ricardo Guerra yang dulu bekerja di bawah Raul Castro ketika masih menjabat Menteri Pertahanan. Sebanyak 11 menteri kehilangan jabatan dalam perombakan kabinet ini yang menurut stasiun televisi negara ditempuh dengan alasan agar kabinet lebih kompak dan efisien.

Pemerintahan Presiden Amerika Serikat Barack Obama jelas akan mengikuti perkembangan ini secara saksama, mengingat buruknya hubungan kedua negara walau belakangan terlihat tanda-tanda Kuba dan AS siap membuka diri untuk memperbaiki hubungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com