Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kend, Inspirasi Terkini "Si Raja Kunci"

Kompas.com - 02/03/2009, 16:09 WIB

BAIK itu kunci, engsel, pegangan pintu, aksesori jendela, dan barang lain sejenisnya memang bukan barang mewah. Namun, melihat fungsi dan manfaatnya, “peralatan” ini justru kerap bertindak sebagai barang “primer”; sebagai pengaman dan pelengkap keindahan yang tak boleh diremehkan.

Ya, barang-barang tersebut merupakan pengaman sekaligus juga penunjang yang berfungsi atau bermanfaat sama pentingnya dengan peralatan-peralatan lain di rumah. Karena itu pulalah, faktor kualitas tak bisa ditawar lagi demi menunjang fungsi dan manfaat kerja alat ini.

Di luar soal kualitas, tren desain atau bentuk-bentuk terkini peralatan dan aksesori tersebut pun kini ikut berperan. Desain model seolah menjadi “penerjemah” status sosial bangunan rumah sekaligus si empunya pintu.

Sayangnya, kini semakin menjamur berbagai merek peralatan tersebut di pasaran. Sulit membedakan mana yang real branded dan unbranded karena banyak yang serupa tapi tak sama kualitasnya.

Inspirasi Kekinian
Memang, hampir semua barang-barang tersebut sama bentuknya. Dan nyaris tidak ada keunikannya. Tapi, sejenak tengoklah Kend. Oleh mereka, kunci dan aksesorinya menjadi barang berharga, trendi, dan harus berkualitas tinggi bagi penggunanya.

Bicara kunci, misalnya. Di Indonesia, Kend merupakan merek premier yang menjadi inspirasi kekinian model-model pengaman pintu. Berdiri sejak 1965, dedikasi KDP selama ini sudah cukup teruji dan punya banyak arti bagi industri rumah tangga dan bangunan.

Di awal-awal berdirinya, KDP memang hanya menjadi agen kunci merek Cisa, pabrikan kunci ternama asal Italia. Namun sejak 1990, pemegang predikat “Raja Kunci” ini bukan saja menjadi distributor Cisa, melainkan juga cukup pede memproduksi kunci dan aksesori sendiri, seperti pegangan dan engsel pintu.

Sejak itulah, berbagai tipe kunci mulai tipe silinder dan tabung, pipih, silinder tunggal, serta beragam variasi gembok kini banyak menyebar di delapan gerai Kend. Enam gerai di Jakarta, serta masing-masing sisanya ada di Semarang dan Bali.

Sementara itu, untuk handle pintu, Kend juga banyak melakukan terobosan dengan menciptakan desain-desain klasik, semikontemporer, serta modern minimalisnya. Posisi handle sebagai “penyambut” bagi siapa pun yang akan masuk ke dalam rumah harus mampu memberikan kesan pertama yang baik.

Untuk itulah, Kend menghadirkan handle pintu bukan semata obyek dekorasi, namun juga gaya dan fungsinya dengan elegan. Seri modern minimalis HRE 75.01 hingga 06, misalnya. Desain minimalis berupa lengkung miring, gagang pistol, atau cembung pada handle-handle ini menciptakan kesan berkelas ketika dipadankan dengan bahan yang terbuat dari baja berkelir perak. Desain ini diperuntukkan untuk menyesuaikan kecantikan interior yang ada di dalam rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com