Iran : Gaza Akan Jadi Kuburan Israel

Kompas.com - 04/01/2009, 17:08 WIB
Editor

TEHERAN,MINGGU-Gaza akan menjadi kuburan orang-orang Israel, kata Ketua Parlemen Iran, Ali Larijani, Minggu (4/1) setelah negara Yahudi itu melancarkan serangan darat ke pedalaman wilayah pantai Palestina.

Tank-tank Israel dan pasukan infantri bertempur dengan para pejuang Hamas di Jalur Gaza, Minggu, beberapa jam setelah meluncurkan serangan darat.

Serangan darat ini terjadi setelah delapan hari Israel menggencarkan serangan udara yang mematikan, namun tak berhasil menghentikan serangan-serangan roket kelompok-kelompok Islam terhadap wilayah Israel.

"Zionis menghadapi perlawanan kuat dari rakyat Palestina yang tak gentar ..., kaum Zionis harus mengakui bahwa Gaza akan menjadi kuburan mereka," kata Ketua Parlemen Iran, Ali Larijani seperti dikutip Kantor Berita Mehr, saat berpidato di parlemen.

Para anggota dewan Iran menyahuti ’ganyang Israel, ganyang Zionis,’ kata laporan Mehr. Pernyataan-pernyataan Larijani ini adalah reaksi pertama yang dilontarkan tokoh senior Iran terhadap serangan Israel terhadap Gaza.

Iran tidak mengakui keberadaan Israel. Sementara Israel menuduh Iran memasok persenjataan kepada Hamas. Iran membantah tuduhan itu, dan mengatakan, bahwa pihaknya hanya memberikan dukungan moral terhadap kelompok tersebut.

Serangan-serangan Israel terhadap Gaza telah memicu berulangnya aksi-aksi protes di Teheran, dan di mana-mana di Iran, yang terutama dilakukan oleh para mahasiswa. Para pejabat Iran mengutuk apa yang mereka katakan tidak adanya tindakan internasional, dan sikap yang bias terhadap Israel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.