Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Taj Mahal Palace Jadi Sasaran Serangan

Kompas.com - 27/11/2008, 10:31 WIB

Oleh Chaidar Abdullah

Hotel Taj Mahal Palace and Tower di Mumbai menjadi lambang kebanggan nasional rakyat India, tapi Kamis (27/11) dini hari dilahap api, setelah beberapa pria bersenjata berat menyerbu bangunan tersebut dan menyandera beberapa tamu.

Kubahnya, yang berwarna merah, berada berseberangan dengan Gerbang Monumen India di ujung Laut Arab. Dari tempat itu, tentara terakhir pemerintah kolonial Inggris meninggalkan India setelah kemerdekaan pada 1947.

Namun, meskipun Taj Mahal Hotel, yang berusia 105 tahun, menjadi saksi kepergian tentara terakhir penguasa pendudukan, bangunan tersebut juga menghadapi pukulan dalam perjuangan untuk memperoleh hak memutuskan sendiri, demikian laporan kantor berita Perancis, AFP.

Menurut legenda, penciptanya, tokoh industri Persia yang disebutkan bernama Jamsetji Nusserwanji Tata,  mengawasi bangungan itu setelah tak diberi izin masuk ke Apollo Hotel, yang kini sudah tak berfungsi dan memiliki kebijakan ketat hanya untuk orang Eropa.

Gedung tersebut, yang diselesaikan pada 1903, menjadi hotel terbaik di Mumbai dan telah mempertahankan pujian hingga saat ini, serta mengisi hati rakyat Mumbai sebagai lambang kecanggihan kota kosmopolitan, kata AFP.

Pertokoan mewah berada di bagian kuno hotel itu, sementara restoran dan kafetaria di bagian atap bangunan mengisi bagian sayap Menara yang lebih modern, yang berdiri pada 1970-an, dan merupakan tempat yang populer untuk orang minum teh, dengan menyajikan pemandangan dari atas kota pulau tersebut.

Para tamu terhormat pernah datang ke tempat itu, termasuk Ratu Elizabeth II, mantan presiden Mesir Gamal Abdul Nasser dan musikus legendaris Beatles, John Lennon.

Hotel itu memiliki 565 kamar, termasuk 46 suite, dan dihiasi dengan dekorasi bergaya Moorish, Oriental, dan Florintine. Satu kamar dengan dua tempat tidur berharga antara 365 dan 425 dolar AS per malam.

Hotel itu merupakan bagian dari rangkaian hotel mewah dan tempat pelancongan. "Indian Hotels Company Limited" dan semua cabangnya secara kolektif dikenal sebagai "Taj Hotel Resorts and Palaces".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com