Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi AS Memburuk, Posisi McCain Terpuruk

Kompas.com - 25/10/2008, 01:01 WIB

WASHINGTON, SABTU - Calon presiden AS dari partai Republik John McCain dihadapkan pada tantangan lebih besar untuk menggapai kemenangan dalam pemilihan presiden 4 November nanti. Tantangan tersebut bermunculan saat keguncangan keuangan dunia mengundang keprihatinan baru terhadap kondisi ekonomi AS yang telah lebih dahulu diterjang badai krisis, isu yang selama ini dinilai menguntungkan bagi rival McCain, Barack Obama.

Hanya dalam hitungan sekitar 1 pekan lagi memasuki pilpres AS, fokus perhatian isu politik tertuju ke McCain Jumat (24/10) saat Obama menghentikan sejenak kampanyenya untuk menjenguk neneknya yang kondisi kesehatannya menurun. Namun, pertarungan politik menuju kursi kepresidenan itu telah dibayangi oleh keprihatinan publik terhadap keguncangan keuangan, saat nilai saham Wall Street merosot tajam Jumat pekan ini, menyusul anjloknya sejumlah saham global.

Di tengah kekhawatiran akan memburuknya resesi, Obama memetik keuntungan dalam jumlah perolehan dukungan suara pada beberapa jajak pendapat nasional, walaupun angkanya bervariasi dari dukungan tipis hingga 2 digit. Namun, yang lebih penting lagi adalah hasil beberapa jajak pendapat menunjukkan keunggulan bagi Obama dalam pengumpulan dukungan di negara bagian Ohio dan Pennsylvania yang dinilai berpengaruh besar pada pilpres bulan depan. Pemenang pilpres AS nantinya akan ditentukan oleh hasil perhitungan suara antar negara bagian, bukan berdasarkan total suara nasional.

Obama dinilai mengambil resiko dengan menghentikan sejenak kampanyenya, sepekan menjelang pilpres, dengan bertolak ke Hawaii untuk menjenguk neneknya. Popularitas Obama memang belakangan terasa sulit dikejar oleh McCain. Meskipun demikian, keputusan Obama menghentikan kampanye bisa jadi akan dipandang oleh pemegang hak suara sebagai sikap Obama yang lebih mementingkan urusan pribadinya.

Sementara McCain melakukan kunjungan kampanye ke 3 lokasi di Colorado. Presiden George W. Bush dari partai Republik memenangkan dukungan dari negara bagian ini dalam pilpres tahun 2000 dan 2004. Namun, hasil beberapa survei belakangan menunjukkan Obama dari partai Demokrat memimpin pengumpulan dukungan suara dari rivalnya di Colorado sebesar 5 poin persentase.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com