Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saling Serang Soal Ekonomi

Kompas.com - 22/10/2008, 07:48 WIB

FLORIDA,RABU-Kedua calon presiden AS saling serang rencana mereka masing-masing untuk perekonomian Amerika, sementara mereka berkampanye untuk merebut suara di negara-negara bagian kunci.

Berbicara di Florida, Selasa (21/10), calon Partai Demokrat, Barack Obama, mengatakan saingannya dari Partai Republik menawarkan "kebijakan ekonomi yang gagal" seperti yang diterapkan oleh Presiden George W Bush.

John McCain mengatakan kepada media AS, dia adalah calon yang harus didengarkan dalam hal perekonomian. Ia mengatakan itu di Pennsylvania sementara Obama membicarakan rencana penyelamatan ekonomi dengan sejumlah gubernur negara bagian.

Obama tidak ikut kampanye selama dua hari pekan ini untuk melihat neneknya yang sedang sakit di Hawaii. Madelyn Dunham (85), yang ikut membesarkan Obama, dikatakan sedang sakit keras.

Radio BBC mengatakan meskipun Obama unggul dari saingannya dalam jajak pendapat, para stafnya akan merasa gelisah karena ketidakhadirannya. Senator dari negara bagian Illinois itu unggul dalam jajak pendapat sementara hari pemilihan 4 November tinggal dua pekan lagi. Tetapi keunggulan itu tidak cukup meyakinkan untuk merebut kemenangan.

Pertarungan ketat

Obama bertemu dengan para gubernur dari Ohio, Michigan, New Mexico dan Colorado di Lake Worth, Florida, untuk membicarakan lapangan kerja dan perekonomian bersama para tokoh bisnis dan pakar keuangan.

Keempat negara bagian itu memiliki gubernur Demokrat dan semuanya, kecuali Michigan, memilih Presiden George W Bush pada tahun 2004. Kepala eksekutif raksasa internet, Google, Eirc Schmidt, dan mantan gubernur bank sentral (Federal Reserve), Paul Volcker, termasuk di antara yang hadir dalam diskusi ekonomi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com