Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Benediktus Tiba di Amerika Serikat

Kompas.com - 16/04/2008, 06:18 WIB

MARYLAND, RABU - Paus Benediktus XVI menginjakkan kaki di tanah Amerika Serikat saat pesawat yang ditumpanginya tiba di pangkalan udara Andrews, Maryland, Selasa (15/4) waktu setempat atau Rabu (16/4) waktu Indonesia. Hiruk pikuk sambutan umat terdengar saat Paus Benediktus tiba di AS beberapa jam setelah pemimpin Katholik Roma tersebut mengaku merasa sangat malu dengan skandal seks yang terjadi di gereja Katholik Roma di negeri Paman Sam itu.

Setibanya di lanud Andrews, Paus Benediktus XVI disambut oleh Presiden AS George W. Bush yang didampingi oleh istri dan putrinya, Laura dan Jenna. Paus melambaikan kedua tangannya saat melangkah meninggalkan pesawat maskapai Alitalia yang mengangkutnya dari Roma.
 
Beberapa siswa dari sebuah sekolah Katholik setempat nampak histeris saat mereka melihat Paus Benediktus XVI. Ratusan umat yang diantaranya berasal dari gereja Katholik Roma di AS bertepuk tangan dan juga histeris saat mereka melihat kedatangan Paus.

Gereja Katholik Roma di AS telah membayar hingga 2 miliar dolar AS terhadap gugatan kasus penyimpangan seks yang dilakukan oleh beberapa pastur terhadap anak-anak sejak tahun 1950, sebagian besar diantaranya terjadi dalam 6 tahun terakhir. Paus mengaku sulit memahami bagaimana kasus pedofilia sampai dilakukan oleh kalangan pastur.

Kunjungan Benediktus ke AS merupakan kunjungan pertama yang diadakan oleh seorang Paus sejak kasus Boston tahun 2002 meluas di AS hingga ke luar negeri. Sejak saat itu, setiap tahunnya beberapa warga AS atau mencapai ratusan orang mengaklaim pernah mengalami pelecehan seksual pada masa kanak-kanak di Keuskupun Boston.

Ini merupakan pertama kalinya bagi Presiden Bush menyambut seorang pemimpin asing di lanud Andrews. Bush dan Paus Benediktus akan bertemu kembali di Gedung Putih pada hari Rabu waktu Washington saat 9.000 orang lebih siap untuk menyambut Paus dari Jerman ini pada ulang tahunnya ke-81.
    
Sekretaris Gedung Putih Dana Perino memperkirakan masalah HAM, toleransi agama serta perlawanan terhadap ekstremisme akan menjadi bahan perbincangan antara Paus Benediktus dan Presiden Bush. Perino tidak menutup kemungkinan skandal seks di gereja Katholik Roma akan mengemuka dalam perundingan tersebut meskipun tidak menjadi prioritas utama Bush dalam pertemuannya dengan Paus. Perino tidak menyebutkan apakah perbedaan pandangan tentang perang di Irak akan menjadi bahan perbincangan Paus dan Presiden Bush. (AP)
   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com