Pengangkatan Bilawal Diprotes Fatima

Kompas.com - 12/01/2008, 19:37 WIB
Editor

LONDON, SABTU - Tidak semua setuju Bilawal Bhutto Zardari menggantikan ibunya Benazir Bhutto memimpin Partai Rakyat Pakistan (Pakistan`s People Party/PPP). Salah satunya adalah Fatima Bhutto, kemenakan perempuan almarhum.

Dalam wawancara dengan harian Times di London yang diterbitkan Sabtu (12/1), Fatima (25) menyebut gagasan menempatkan keluarga Bhutto sebagai pemimpin PPP sangat berbahaya.

Oleh sejumlah kalangan di Pakistan, Fatima dianggap sebagai ahli waris dinasti politik keluarga itu. Meski akhirnya Bilawal yang dipilih menggantikan sang ibu yang dibunuh 27 Desember 2007. Ia mengecam PPP yang masih memanfaatkan keluarga Bhutto.

"Gagasan harus keluarga Bhutto, saya kira sangat berbahaya. Itu tidak menguntungkan Pakistan. Tidak bermanfaat bagi partai yang diharapkan menjalankan garis demokratis  dan tidak berguna bagi kita sebagai warganegara jika kita memikirkan tentang individu dan tidak tentang program," katanya.

Dalam jumpa pers awal pekan ini d London, Bilawal menolak keras anggapan seorang wartawan bahwa peran ketua partai diserahkan seperti perabot rumah tangga.

Fatima adalah putri Murtaza, adik Benazir yang tewas  secara misterius di Karachi 12 tahun lalu, saat Benazir masih berkuasa. Kasus itu membuat keluarganya bersitegang dengan keluarga Benazir.

"Akhirnya, para pekerja partai itu yakin tidak seorangpun yang dapat memimpin partai itu kecuali keturunan Bhutto. Tetapi saya kira mereka juga tahu bahwa siapapun yang mereka pilih tidak bisa memimpin," kata Fatima. "Tetapi saya tidak ingin menjadi simbol bagi siapapun," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.