Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Janjikan Pertumbuhan Ekonomi AS

Kompas.com - 13/02/2013, 10:17 WIB
WASHNGTON DC, KOMPAS.com - Dalam pidato kenegaraan tahunan di hadapan Kongres, Selasa (12/2/2013) malam, Presiden Amerika Serikat Barack Obama bertekad untuk menciptakan lapangan kerja bagi kelas menengah untuk menumbuhkan kembali perekonomian AS.

Dia menegaskan pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan yang tersedia akan menjadi "bintang penuntut" atas upaya Amerika Serikat memperbaiki perekonomian yang tengah terpuruk.

Obama menjanjikan segala upaya yang dilakukan pemerintahannya untuk meningkatkan perekonomian negara tidak akan meningkatkan defisit anggaran.

Cetak biru rencana perekonomian pemerintahan Obama sangat jelas. Pada kampanya tahun lalu, Obama menjanjikan untuk menciptakan satu juta lapangan kerja di bidang manufaktur selama masa jabatan keduanya.

Namun, pihak Partai Republik menentang keras upaya pemerintahan Obama untuk memperbesar belanja negara, di tengah kebuntuan politik terkait upaya untuk mengatasi defisit anggaran belanja negara.

Dalam pidatonya itu, Obama juga menyerukan investasi federal di bidang infrastruktur, energi bersih dan pendidikan.

Di tengah hadirin terlihat ibu negara Michelle Obama yang duduk di antara orang tua siswa asal Chicago yang tewas ditembak beberapa hari setelah tampil dalam upacara pelantikan masa jabatan kedua Obama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com