Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerombolan Anjing Liar "Dukung" Demonstran di Cile

Kompas.com - 27/12/2012, 08:58 WIB

SANTIAGO, KOMPAS.com - Para demonstran di ibu kota Cile, Santiago, mendapat sekutu yang tak terduga saat menghadapi barikade polisi: gerombolan anjing liar!  Kelompok penyayang binatang di negara itu mengatakan, ada jutaan anjing liar yang tiap hari berkeliaran di jalanan kota-kota di Cile.

Saat demonstrasi menuntut perbaikan sistem pendidikan, pemerataan hasil pembangunan, dan perlindungan lingkungan di Santiago meletus sejak setahun lalu, anjing-anjing jalanan itu turut meramaikan barisan para pengunjuk rasa. Saat demonstran berteriak-teriak menyerukan tuntutannya, anjing-anjing itu ikut riuh menggonggongi barisan polisi yang membatasi aksi unjuk rasa.

Saat polisi berusaha membubarkan demonstrasi dengan menembakkan gas air mata, anjing-anjing itu langsung menyambut kaleng-kaleng gas yang dilontarkan ke arah demonstran, kemudian menggigit dan membawa lari kaleng-kaleng itu. Mereka juga menggeram setiap ada polisi yang berniat memukul pengunjuk rasa dengan pentungan.

”Anjing-anjing itu sangat setia. Mereka bergerak bersama rakyat, dan saya pikir mereka mendukung para mahasiswa,” ujar Catalina Echenique (17), seorang demonstran. Salah satu anjing liar itu sangat populer sehingga para demonstran memberi nama ”Blacky” dan membuatkan halaman khusus di Facebook. Akun Facebook Blacky disukai lebih dari 7.000 orang, dan para penggemarnya selalu mengunggah foto-foto terbaru Blacky yang sedang beraksi di jalanan. Bahkan, anjing pun mendukung gerakan rakyat! (AP/DHF)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com