Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah 3 Tahun Hafal 150 Ibu Kota Negara

Kompas.com - 07/06/2012, 11:10 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com — Inikah anak terpandai di Australia saat ini? Demikian pertanyaan koran Australia The Daily Telegraph mengenai bocah berusia tiga tahun bernama Sean Mathavan, yang sudah tahu 150 ibu kota negara di dunia.

Tidak hanya itu, bocah asal Sydney ini juga sudah bisa membaca dan menulis, tahu perkalian (time tables), dan bisa menirukan alfabet menggunakan bahasa isyarat.

Ibunya, Seema Mathavan, mengatakan, putra satu-satunya tersebut, yang baru merayakan ulang tahun ketiga bulan lalu, memiliki daya ingat fotografi (photographic memory).

Seema mengatakan, Sean mulai membaca buku sebelum dia berusia satu tahun dan sekarang membaca buku untuk anak-anak SD. "Ketika dia lahir, saya sudah tahu bahwa dia akan berbeda. Dia sangat awas dan selalu aktif. Dia penuh semangat belajar," tambah ibunya.

Tahun lalu, Sean menjalani tes yang menempatkan bocah ini dalam kategori superior. Artinya, kemampuannya dalam kategori 95 persen dibandingkan anak-anak lainnya.

Keluarga Mathavan ini sekarang sedang berencana mengirim putranya ke sekolah untuk anak-anak berbakat dan ayahnya, Edward, sudah berbicara mengenai bagaimana memupuk dan memelihara bakat Sean yang luar biasa tersebut.

"Kami ke perpustakaan tiap dua minggu sekali, dan setiap kali dia akan meminjam 20 buku. Kami khawatir, nanti tidak ada buku lagi sebelum dia mulai sekolah." kata Edward.

Sean masih terus belajar. Menurut ayahnya, satu hal yang sampai sekarang belum dimengerti adalah hal mengenai Antartika (Kutub Selatan). Sean masih belum paham mengapa benua tersebut tidak memiliki ibu kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com