Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Gelar Latihan Pertahanan Udara

Kompas.com - 21/02/2012, 14:29 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Iran, Senin (20/2/2012), menggelar pelatihan pertahanan udara selama empat hari untuk melatih perlindungan bagi instalasi negara yang penting, khususnya instalasi nuklir, kata kantor berita Fars di Iran.

Pelatihan yang dilakukan di Iran selatan mengikutsertakan beragam sistem rudal, radar serta sejumlah pesawat. Angkatan Darat dari Pasukan Pengawal Revolusi Islam (IRGC) juga melancarkan pelatihan militer yang bernama Valfajr pada Minggu di kawasan gurun di Iran tengah dan di Provinsi Yazd di Iran tengah.

Fars, yang mengutip Panglima Pengawal Revolusi, Mayor Jenderal Mohammad Ali Jaffari, mengatakan "pelatihan perang dilakukan setelah adanya ancaman dan agresi dari Amerika Serikat, terutama invasinya terhadap negara tetangga dan kawasan regional".

Sejumlah negara Barat menduga Iran berusaha membuat bom nuklir dan telah menjatuhkan sanksi berat namun Teheran berkeras program itu hanya bertujuan menghasilkan tenaga listrik bagi Iran.

Sementara itu spekulasi bahwa Israel diduga mempersiapkan penyerangan terhadap eksporter minyak nomor dua di Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) tersebut juga berkembang pada beberapa pekan terakhir. Hal itu dilakukan Israel untuk mencegah apa yang dipandangnya sebagai "ancaman serius" bagi keamanan negaranya sementara AS menyangkal untuk melakukan penyerangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com