Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

35 Luka dalam Serangan Konferensi Antikorupsi

Kompas.com - 16/10/2011, 06:03 WIB

AMMAN, KOMPAS.com — Sejumlah penyerang tak dikenal melempar batu dan melepaskan tembakan untuk membubarkan peserta konferensi antikorupsi di Jordania utara. Menurut beberapa saksi, aksi itu melukai sedikitnya 35 orang.

Konferensi itu bertajuk "Untuk Pembaruan dan Perlawanan Korupsi", yang diadakan di Salhub, 50 kilometer dari Amman, dan dihadiri oleh sebagian besar anggota suku Bani Sakher dan Bani Hassan, kata beberapa saksi itu.

"Para penyerang itu dengan tiba-tiba mulai melempar batu kepada para peserta dan kemudian menembak ke udara untuk membubarkan pertemuan itu," kata salah seorang saksi.

Menurut penyelenggara pertemuan, sedikitnya 35 orang luka ringan dan 27 mobil rusak dalam aksi kekerasan tersebut.

Di antara mereka yang menghadiri konferensi itu adalah Ketua Front Pembaruan Nasional yang juga mantan Perdana Menteri Ahmad Obeidat dan Zaki Bani Rsheid, pemimpin kantor politik Front Aksi Islam (IAF).

Beberapa saksi mengatakan, kedua orang itu "dilindungi dan telah dievakuasi oleh para peserta" ketika kekerasan mulai.

Unjuk rasa oleh para pemuda yang meminta pembaruan politik diadakan Jumat di kota Irbid dan telah diganggu dengan cara yang sama oleh para penyerang tak dikenal, kata beberapa saksi.

Jordania telah menjadi tempat protes sejak Januari untuk meminta pembaruan luas ekonomi dan politik. NFR dibentuk pada bulan Mei oleh Ikhwanul Muslimi, partai-partai sayap kiri, pemimpin serikat perdagangan, dan tokoh-tokoh independen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com