Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Mencari Solusi Utang Yunani

Kompas.com - 15/10/2011, 19:16 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Cannes, Perancis, bulan depan terkesan cuma punya satu agenda penting, yakni masalah utang Yunani. Bukan tanpa dasar kalau "Negeri Seribu Dewa" itu memang tengah menjadi bahan pembicaraan. Utang Yunani sudah mencapai 800 miliar euro atau setara dengan sekitar 1 triliun dollar AS.

Lantaran itulah, negara-negara zona euro pun bersiap-siap melakukan pembenahan agar dampak utang Yunani tidak melanda terlalu jauh. Alhasil, pertemuan para menteri negara-negara G20 di Paris mulai hari ini juga mengarah ke sana atau setidaknya mencari solusi krisis utang tersebut.

Salah satu agenda yang dibahas dalam pertemuan ini apakah IMF harus meningkatkan pendanaan sebagai bagian dari respons yang lebih luas atas situasi saat ini. Bagaimanapun usulan ini sepertinya mendapat tentangan dari Amerika Serikat.

Jumat (14/10/2011) kemarin, Presiden AS Barack Obama dan Kanselir Jerman Angela Merkel berbicara dalam sambungan telepon terkait dengan krisis ini. Pejabat AS menyatakan bahwa Obama telah memperingatkan kemungkinan risiko atas ekonomi AS.

Selain Yunani, sejatinya Portugal, Irlandia, Italia, dan Spanyol juga tengah berada di ambang krisis keuangan. Sementara muncul usulan agar Dana Moneter Internasional (IMF) membuka keran lebih besar menyangkut tambahan dana talangan bagi Yunani sebesar 350 miliar dollar AS tersebut. "IMF dan Uni Eropa sudah punya dana cukup," kata Menteri Keuangan AS Timothy Geitner sebagaimana warta AP dan AFP.

Bantuan lanjutan

Sementara itu, sejumlah menteri anggota G20 dari luar kawasan Eropa terus mendesak pemimpin Eropa mengambil langkah tegas untuk mengatasi krisis. Akan tetapi, analis mengatakan sepertinya belum akan ada pengumuman besar yang akan diumumkan sampai pertemuan pemimpin Uni Eropa berlangsung 23 Oktober nanti.

Keputusan yang dinantikan adalah termasuk penambahan dana dan kuasa bagi Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa, EFSF, untuk membantu pemerintah yang mengalami kesulitan keuangan.

Presiden Komisi Eropa Jose-Manuel Barroso mengatakan, setiap keputusan yang diambil oleh perbankan atas dana bantuan EFSF dalam pertemuan ini harus bisa ditindaklanjuti dengan segera.

Barroso mengatakan,"Setiap keputusan harus segera dilakukan, menyangkut kekuatan dari EFSF atau berhubungan dengan peningkatan garansi dari perbankan kita."

Kebijakan untuk melindungi perbankan Eropa yang memiliki paparan terbesar atas utang kawasan Eropa juga diharapkan bisa diputuskan oleh pemimpin Eropa.

Athena sepertinya akan mendapatkan bantuan lanjutan sebesar 11 miliar dollar AS pada November setelah inspektur Uni Eropa, IMF, dan Bank Sentral Eropa Troika menyatakan telah mencapai kesepakatan dengan pemerintah Yunani terkait dengan kebijakan penghematan lanjutan negara itu.

Perwakilan dari Troika telah berada di Athena untuk memeriksa apakah Yunani telah melakukan pemotongan anggaran dan kenaikan pajak yang mencukupi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com