Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan NATO Tewaskan 6 Warga Sipil

Kompas.com - 27/08/2011, 06:19 WIB

PULI ALAM, KOMPAS.com - Enam warga sipil Afghanistan dari satu keluarga tewas akibat serangan udara pasukan koalisi di wilayah timur negara itu, kata sejumlah pejabat, Jumat (26/8/2011).

Seorang juru bicara Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) pimpinan NATO mengatakan, ia tidak bisa mengkonfirmasi apakah warga sipil tewas namun beberapa gerilyawan termasuk di antara yang tewas dalam operasi Kamis tengah malam di provinsi Logar.

Kepala kepolisian Logar Ghulam Sakhi Rogh Lewani mengatakan, operasi itu ditujukan pada seorang komandan Taliban yang diburu dengan imbalan hadiah bagi penangkapannya, yang dikenal sebagai Qari Hijran, namun menewaskan sejumlah warga sipil.

"Empat militan Taliban tewas, demikian juga tiga prajurit Afghanistan dan enam orang dari satu keluarga selama insiden itu," katanya.

Mohammad Rahim Amin, pejabat tinggi di distrik Baraki Barak tempat operasi itu dilancarkan, mengatakan, peristiwa itu terjadi ketika seorang guru setempat menerima komandan itu di rumahnya.

Seorang juru bicara ISAF di Kabul mengatakan, ia bisa mengkonfirmasi sejumlah gerilyawan tewas dalam operasi itu namun tidak bisa memastikan apakah warga sipil termasuk diantara korban yang tewas, dan pasukan asing masih menyelidiki hal itu.

Pasukan asing sering dituduh membunuh warga sipil dalam operasi mereka di Afghanistan -- satu masalah sangat kontroversial yang menjadi perselisihan antara pasukan asing dan Presiden Hamid Karzai serta warga sipil Afghanistan.

Konflik meningkat di Afghanistan dengan jumlah kematian sipil dan militer mencapai tingkat tertinggi tahun lalu ketika kekerasan yang dikobarkan Taliban meluas dari wilayah tradisional di selatan dan timur ke daerah-daerah barat dan utara yang dulu stabil.

Sebanyak 711 prajurit asing tewas dalam perang di Afghanistan sepanjang tahun lalu, yang menjadikan 2010 sebagai tahun paling mematikan bagi pasukan asing, menurut hitungan AFP yang berdasarkan atas situs independen icasualties.org. Jumlah kematian sipil juga meningkat, dan

Kementerian Dalam Negeri Afghanistan mengumumkan bahwa 2.043 warga sipil tewas pada 2010 akibat serangan Taliban dan operasi militer yang ditujukan pada gerilyawan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com