Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes Bakar Diri Tewaskan Pria Senegal

Kompas.com - 21/02/2011, 12:00 WIB

DAKAR, KOMPAS.com — Seorang pria Senegal akhirnya meninggal setelah selama dua hari dirawat karena membakar diri di gerbang istana presiden di Dakar sebagai protes atas tingginya pengangguran, kata sumber rumah sakit, Minggu (20/2/2011).

Oumar Bocoum merupakan korban bakar diri terbaru sejak warga Tunisia, Mohamed Bouazizi, membakar diri pada Desember lalu—kemudian memicu demonstrasi yang  menggulingkan pemimpin otoriter Zine al-Abidine Ben Ali. "Jenazah Bocoum dibawa ke kamar mayat pada pukul 02.00," kata sumber rumah sakit yang meminta namanya tidak disebutkan.

Media setempat melaporkan, pada akhir pekan, Bocum, mantan tentara, meninggalkan pesan yang mengatakan "pekerjaan atau mati" sebelum membakar diri. Ia dibawa ke rumah sakit terdekat, tetapi meninggal karena luka yang diderita. Senegal sudah lama dikenal sebagai negara dengan demokrasi dan stabilitas di tengah kawasan Afrika Barat yang penuh dengan konflik.

Namun setahun menjelang pemilu, rasa frustrasi bertambah karena pemutusan aliran listrik, kurangnya kesempatan bagi kaum muda yang jumlahnya terus bertambah, dan meningkatnya urbanisasi. Namun, hanya sedikit pihak yang memperkirakan hal ini akan memicu gejolak di negara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com