Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeddah Banjir Bandang, Petugas Haji Panik

Kompas.com - 25/11/2009, 19:29 WIB

JEDDAH, KOMPAS.com — Banjir besar melanda Kota Jeddah akibat hujan terus-menerus sejak Rabu menjelang tengah hari waktu setempat, yang mengakibatkan ratusan mobil hanyut di salah satu ruas jalan raya antara Jeddah dan Mekkah.

Sampai berita ini ditulis, Rabu (25/11) sore WIB, banjir belum mereda, bahkan kondisi ruas jalan bagaikan sungai deras.

Air deras tersebut menyapu apa saja yang dilintasinya, termasuk mobil, tong sampah, dan barang-barang lain yang tidak sempat diselamatkan pemiliknya.

Arus banjir tersebut mengalir dari Mekkah menuju Jeddah. Sementara itu, rombongan empat bus tim petugas haji sedang berjalan menuju arah sebaliknya.

Di ruas itu ketinggian air mencapai setengah meter. Akibatnya, penumpang di bus tim petugas haji sudah mulai panik karena dinding pemisah jalan juga sudah jebol dilanda air.

Hujan lebat, apalagi banjir adalah kejadian langka di Arab Saudi. Mekkah dan kawasan perkemahan jemaah di Padang Arafah kabarnya juga diguyur hujan, sedangkan kantor Daker Panitia Penyelenggara Haji Indonesia di Mekkah dilaporkan juga tergenang air.

Ribuan kendaraan yang hendak menuju atau dari Jeddah menuju Mekkah terjebak dan terjadi kemacetan lalu lintas yang diperkirakan berlangsung lama di jalan yang biasanya nyaman karena cukup luas ini.

Perjalanan tim haji menuju Mekkah dan ribuan jemaah lain yang hendak melakukan ritual puncak haji (wukuf) terancam gagal karena akses jalan menuju Mekkah dan Padang Arafah sementara ini putus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com