Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Tertua di Dunia Itu Telah Tiada

Kompas.com - 12/09/2009, 09:38 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Manusia tertua di dunia, Gertrude Baines, tutup usia pada umur 115 tahun, Jumat (11/9). Baines meninggal dunia dengan tenang di pembaringannya di Western Convalescent Hospital, yang telah menjadi kediamannya sejak ia akhirnya memutuskan untuk tidak hidup seorang diri di kediaman pribadi setelah mengalami patah tulang pinggul pada usia 107 tahun.

"Ia kemungkinan meninggal dunia karena serangan jantung," kata dokter pribadinya dr Charles Witt. Keterangan ini disampaikan meskipun hasil otopsi masih diperlukan untuk menentukan penyebab pasti kematian Baines.

"Aku masih melihatnya dalam keadaan sehat 2 hari lalu. Ia tampak benar-benar bugar. Ia kerap kali tersenyum," ungkap dokter pribadinya itu.

Perempuan kulit hitam yang tidak pernah merokok maupun mengonsumsi minuman beralkohol itu lahir di Shellman, Georgia, 6 April 1894 saat Grover Cleveland menjabat sebagai Presiden AS. Saat itu, media komunikasi radio baru dikembangkan dan masih dibutuhkan waktu lebih dari setengah abad lagi bagi kehadiran televisi.

Baines berusia 4 tahun saat pecah Perang Spanyol-Amerika. Ia mencapai usia paruh baya menjelang masuknya AS dalam Perang Dunia II pada 1941. Menikmati hidup adalah kunci yang dipegangnya untuk membuka pintu waktu yang menuntunnya hingga berusia lebih dari seratus tahun.

"Saya menikmati hidup. Saya tak peduli apabila hidup seratus tahun lagi," katanya disertai derai tawanya saat menyampaikan hak suaranya untuk menunjuk Barack Obama sebagai presiden AS. Menurut Baines, suaranya yang ditujukan bagi Obama telah menggenapkan impian lamanya untuk melihat seorang pria berkulit hitam terpilih sebagai presiden AS.  

Baines yang pernah bekerja sebagai seorang pembantu di asrama Ohio State University ini hidup dengan usia lebih panjang dari seluruh anggota keluarganya. Putri satu-satunya Baines meninggal dunia akibat mengidap tifus pada usia 18 tahun.

Pada tahun-tahun terakhir menjelang ajal menjemputnya, Baines menghabiskan waktunya dengan menonton tayangan program televisi favoritnya, The Jerry Springer Show. Baines menjadi orang tertua di dunia pada Januari saat Maria de Jesus meninggal dunia di Portugal pada usia 115 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com