Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batik Koleksi Ibu Obama

Kompas.com - 16/05/2009, 06:37 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Indonesia melalui kedutaan besarnya di Washington DC akan menggelar serangkaian pameran batik Indonesia yang merupakan koleksi pribadi ibunda presiden AS Barack Obama, Ann Dunham. Ann Dunham dikenal sebagai sosok yang memiliki ketertarikan mendalam terhadap seni batik Indonesia. Menurut keterangan KBRI Washington DC, selama tinggal di Indonesia, Ann Dunham memiliki koleksi batik dari beberapa daerah di Indonesia.
     
Batik-batik koleksi Ann itu akan berkeliling ke beberapa wilayah di Amerika Serikat mulai 16 Mei hingga 23 Agustus 2009, demikian keterangan yang dihimpun dari Kedubes RI di Washington. Rangkaian pameran batik Indonesia di AS tersebut akan diakhiri dengan pameran di Washington DC, yang akan ditandai dengan penyelenggaraan gala dinner pada 8 Agustus 2009 oleh Dubes RI dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).  Pada acara tersebut akan hadir sang tamu khusus, yaitu Maya Soetoro Ng.

Melalui tema "A Lady Found A Culture: Barack Obama’s Mother in Indonesia", pameran yang digelar oleh KBRI Washington DC bekerja sama dengan keluarga adik Presiden Obama, Maya Sutoro Ng, itu akan diadakan secara berturut-turut di enam kota besar di AS, yaitu Chicago (17-21 Mei di Drake Hotel Chicago), Los Angeles (1-4 Juni di KJRI Los Angeles), San Francisco (9-11 Juni di Wisma Indonesia), Houston (2-5 Juli di KJRI Houston), New York (21-24 Juli di Waldorf Astoria), dan di Washington DC (9-23 Agustus di Textile Museum).
     
Acara pembukaan rangkaian pameran batik Ann Dunham di Chicago pada tanggal 16 Mei 2009 akan dihadiri antara lain oleh Menteri Perdagangan RI Mari E Pangestu, Duta Besar RI untuk AS Sudjadnan Parnohadiningrat, dan Sekretaris Negara Bagian Illinois. Sementara acara pembukaan pameran di Los Angeles dan San Francisco direncanakan akan menampilkan peragaan busana batik kontemporer Indonesia koleksi Ramli yang didukung oleh Kabupaten Sampang, Madura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com