Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3.440 Lebih Kasus Flu Babi di 29 Negara

Kompas.com - 10/05/2009, 05:47 WIB

KOMPAS.com - Terdapat lebih dari 3.440 kasus flu babi di 29 negara. Menurut data yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, kasus tersebut di antaranya lebih dari 1.300 terdapat di Meksiko, sekitar 2.254 di AS serta 247 di Kanada.

WHO melaporkan 2 kasus flu babi baru yang disebarkan antarmanusia Rabu (6/5). Salah satu pasien di Mesir dilaporkan telah pulih dari penyakit ini sementara satu pasien lainnya di Vietnam tak berhasil bertahan hidup.

Hong Kong mencabut karantina yang diberlakukan selama sepekan di sebuah hotel dimana seorang warga Meksiko yang mengidap flu babi menetap. Aparat pemerintah Hong Kong akhirnya juga mengizinkan 280 tamu dan karyawan di hotel itu pergi setelah sempat mengisolir gedung hotel.

Pengidap flu babi di Hotel Metropark itu juga diperkenankan meninggalkan rumah sakit setelah selama sepekan menjalani perawatan. Hanya sekitar 10 persen warga AS yang terjangkit flu babi diyakini tertular penyakit ini selama mengikuti perjalanan ke Meksiko.

WHO menjelaskan hingga 2 miliar orang berpotensi terjangkit flu babi apabila wabah tersebut berubah menjadi pandemi dalam beberapa bulan atau tahun. Namun, ketua WHO untuk masalah influenza Keiji Fukuda menerangkan terlalu dini untuk menyusun teori tentang penyebaran maupun tingkat ekstrim wabah di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com