Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersiaplah Menyambut Pameran Kedirgantaraan Paris!

Kompas.com - 16/06/2013, 03:17 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -  Perancis kembali menghelat Pameran Kedirgantaraan Paris (Paris Air Show) pada Senin mendatang di Le Bourget, di dekat Paris. Pameran ini, tulis AFP pada Sabtu (15/6/2013), adalah peringatan ke-50.

Rencananya, akan hadir 2.113 pemain terkemuka bidang aviasi dari 45 negara. Termasuk di antara pemain itu adalah Perusahaan Pertahanan Aeronautika dan Ruang Angkasa Eropa (EADS), Thales, dan Safran. Ketiganya akan memamerkan inovasi dan produk baru di Pusat Pameran Le-Bourget pada 17-23 Juni 2013.

Paris Air Show kali ini adalah kompetisi terbuka antara dua pabrik pembuat pesawat berbadan besar asal Amerika, Boeing versus Airbus asal Eropa. Boeing akan memamerkan 787 Dreamliner sementara Airbus akan menunjukkan kepada publik A-350.

Kedua pesawat itu terbuat dari komposit lebih ringan ketimbang produk-produk sebelumnya. Hal ini membantu penghematan energi bahan bakar. Bahan seperti itu juga mereduksi polusi.

Pihak Boeing berharap pameran kali ini makin memperkokoh pasarnya. Hal sama juga dilakukan Airbus. Pada Jumat (14/6/2013), Airbus A-350 XWB melakukan terbang perdana di Toulouse, kawasan barat daya Perancis. Sampai sekarang, varian ini sudah memenangi 613 pesanan dari 33 pelanggan seluruh dunia.

Penyelenggara, kemudian, mengharapkan kehadiran 350.000 pengunjung. Dari jumlah itu, 151.000 di antaranya adalah pembeli potensial. "Pameran akan diliput oleh 3.200 jurnalis,"kata pernyataan penyelenggara.

Selanjutnya, luas ruang pameran mencapai 54.000 meter persegi. Dari luas tersebut, 43.000 meter persegi di antaranya berada di luar ruang.

Dimulai pada 1909 di Grand Palais, Paris, Paris Air Show adalah pameran industri pesawat terbang tertua, terpopuler, dan terpenting di dunia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com