Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera Terbesar di Dunia, 3 Kali Lapangan Bola

Kompas.com - 27/05/2013, 22:39 WIB
Pieter P Gero

Penulis

BUCHAREST, KOMPAS.com — Penduduk desa di Romania kesulitan mengibarkan bendera yang menurut Guinness World Records merupakan bendera terbesar yang pernah dibuat di dunia.

Kantor berita AP, Senin (27/5/2013), menyebutkan, sekitar 1.200 warga desa memerlukan beberapa jam untuk bisa membentangkan bendera berukuran panjang 349 meter dan lebar 227 meter itu. Ukuran ini sekitar tiga kali luas lapangan sepak bola.

Menurut Jack Brockbank, ahli penilai dari Guinness World Records, bendera itu merupakan yang terbesar di seluruh dunia. Brockbank kemarin mengukur sendiri besarnya ukuran bendera. "Saya mengakuinya sebagai pemegang rekor dunia baru," ujar Brockbank seusai mengukur bendera.

"Selamat Romania," ujarnya.

Bendera Romania ini, yaitu merah, kuning, dan biru, praktis menutupi areal seluas 79.290 meter persegi. Rekor ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Lebanon.

Bendera seberat lima ton itu digelar di Clinceni, sekitar 35 kilometer tenggara Bucharest, ibu kota Romania. Para pekerja dan warga setempat berupaya agar bendera jangan sampai terbawa angin dengan menindihnya dengan karung-karung pasir di sekeliling bendera.

Adrian Dragonmir, manajer dari pembuatan bendera raksasa itu, mengakui, perlu beberapa pekan untuk menjahitnya dan diperlukan 70 kilometer benang untuk menjahit bendera.

Kemarin, marching band militer mengumandangkan mars saat PM Romania Victor Ponta dan sejumlah menteri kabinet Romania mendatangi desa itu untuk melihat bendera raksasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com