Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mumpung Israel Lagi "Baik", Yuk Mancing di Laut Gaza!

Kompas.com - 21/05/2013, 17:53 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Kabar gembira buat rakyat Jalur Gaza yang mayoritas warga Palestina. Mulai hari ini, Pemerintah Israel memperpanjang zona penangkapan ikan menjadi enam mil laut. Sebelumnya, kawasan penangkapan ikan itu cuma berjarak tiga mil laut dari titik pantai terluar Jalur Gaza.

Menurut warta AP pada Selasa, pihak Otoritas Palestina dan Mesir sudah mendapatkan informasi soal perubahan kebijakan tersebut.

Kendati demikian, ada semacam catatan soal kebijakan "baik" Israel. Rupanya, penambahan zona itu bertujuan untuk mencegah kelompok militan Gaza makin berjarak saat mengancam aktivitas pihak Israel. Pihak Israel mengatakan, kebijakan ini adalah jawaban atas serangan roket-roket pihak Palestina dari luar Gaza ke wilayah Israel. Sebelumnya, pada November tahun lalu, pertikaian bersenjata di perbatasan Israel berkecamuk.

Sementara itu, pada bagian lain, perpanjangan zona itu malah mendapat sambutan positif dari asosiasi nelayan Palestina. Soalnya, perpanjangan ini memberi keleluasaan lebih banyak bagi para nelayan Palestina untuk menangkap ikan. Warga yang suka memancing ikan di laut pun ikut terkena imbasnya. "Kebijakan ini adalah langkah yang baik," puji salah seorang anggota asosiasi itu, Nezar Ayyash.

Sebetulnya, menurut Perjanjian Oslo 1993, zona penangkapan ikan di Jalur Gaza panjangnya mencapai 20 mil laut. Namun, lantaran mengklaim banyak mendapat serangan pihak Palestina, Israel melalui berbagai upaya memperpendek kawasan itu.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com