Kamis, 28 Agustus 2014

News / Internasional

Suara Azan Diizinkan di Sebuah Kota di Swedia

Sabtu, 27 April 2013 | 15:37 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com — Dewan Kotapraja Botkyrka di Stokholm, Swedia, menyetujui permohonan pusat budaya Islam untuk mengumandangkan azan melalui pengeras suara di Masjid Fittja. Untuk pertama kali, azan disiarkan melalui pengeras suara di menara masjid itu pada Jumat (26/4/2013), kata kantor berita Turki, Cihan, Sabtu.

Pusat Kebudayaan Islam Botkyrka telah menerima persetujuan pada akhir Februari dari dewan kotapraja itu. Botkyrka merupakan kotapraja di Stockholm yang sebagian besar penduduknya adalah para imigran.

Setelah persiapan teknis dirampungkan, azan pertama disiarkan hari Jumat. Sejumlah besar warga Muslim berduyun-duyun ke masjid itu untuk menyaksikan peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Ketua Masjid, Fittja Ismail Okur, mengatakan kepada wartawan bahwa mereka menyampaikan ucapan terima kasih kepada kotapraja atas dikabulkannya permohonan mereka. Menurut dia, banyak jemaah sudah lama tak mendengar suara azan melalui pengeras suara seperti di negara-negara asal mereka.

"Penyiaran azan pertama dimaksudkan untuk percobaan. Kepala Direktorat Urusan Agama, Meehmet Gormez, akan datang ke masjid kami pekan depan untuk merayakan pekan kelahiran suci," kata Okur.

Warga keturunan Turki menyelenggarakan "Kutlu Do’um Haftas" (pekan kelahiran suci) untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad dalam satu pekan pada April.

Kerajaan Swedia atau Konungariket Sverige dalam Bahasa Swedia merupakan negara Nordik di Skandinavia. Negara ini berbatasan dengan Norwegia di barat dan Finlandia di timur laut, Selat Skagerrak dan Selat Kattegat di barat daya, serta Laut Baltik dan Teluk Bothnia di timur. Tahun 1995 Swedia bergabung dengan Uni Eropa.


Editor : Egidius Patnistik
Sumber: