Sabtu, 23 Agustus 2014

News / Internasional

VATIKAN

Paus Pimpin Misa di Penjara Remaja

Kamis, 21 Maret 2013 | 19:42 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Paus Fransiskus dijadwalkan menggelar misa besar pekan depan di sebuah lembaga pemasyarakatan remaja di Roma dan bukan di Vatikan atau di sebuah gereja besar di Roma. Demikian pernyataan resmi Vatikan, Kamis (21/3/2013).

Paus Fransiskus akan memimpin misa Kamis Putih pekan depan di lembaga pemasyarakatan remaja Casal del Marmo di pinggiran kota Roma.

Seperti halnya misa Kamis Putih, Paus—yang memimpin misa—akan membasuh kaki 12 orang untuk mengenang Yesus Kristus yang membasuh kaki ke-12 muridnya di malam sebelum Dia disalibkan.

Semua Paus terdahulu selalu menggelar misa Kamis Putih di Basilika Santo Petrus di Vatikan atau di Basilika Santo Yohanes Lateran di Roma. Gereja ini adalah katedral tempat Paus dalam jabatannya sebagai Uskup Agung Roma.

Juru bicara Vatikan mengatakan tidak bisa mengingat kesempatan lain saat misa Kamis Putih digelar di luar kedua gereja besar itu.

Saat menjabat Uskup Agung Buenos Aires, Paus Fransiskus atau dulu dikenal dengan nama Kardinal Jorge Mario Bergoglio kerap menggelar misa Kamis Putih di penjara, rumah sakit, rumah jompo, atau panti asuhan.

Keputusan untuk menggelar misa di penjara menunjukkan keinginan Paus Fransiskus untuk lebih dekat dengan orang miskin, lemah, dan terpinggirkan semakin nyata.

Kamis Putih adalah rangkaian dari perayaan Pekan Suci Paskah yang dirayakan umat Katolik. Perayaan ini dimulai dengan Minggu Palem, Kamis Putih, Jumat Agung, dan diakhiri Minggu Paskah pada 31 Maret mendatang.

 


Editor : Ervan Hardoko
Sumber: