Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Serukan Persahabatan Antaragama

Kompas.com - 20/03/2013, 19:36 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Paus Fransiskus, Rabu (20/3/2013), menyerukan "persahabatan dan rasa respek" di antara semua agama dan kepercayaan di dunia. Pernyataan ini disampaikan Paus dalam pertemuan dengan perwakilan agama-agama besar dunia di Vatikan.

Gereja Katolik Roma, lanjut Paus, akan terus mempromosikan persahabatan dan rasa saling menghormati antara semua pemeluk agama.

"Kita bisa berbuat banyak untuk mereka yang miskin, mereka yang lemah, mereka yang menderita, serta mempromosikan rekonsiliasi dan perdamaian," ujar Paus Fransiskus.

Para tokoh agama dari Kristen Ortodoks, Yahudi, dan Islam terlihat dalam pertemuan yang digelar sehari setelah inaugurasi Paus Fransiskus ini.

"Semua agama harus bersatu untuk melawan hal paling berbahaya saat ini, yaitu menilai manusia dari apa yang mereka produksi dan konsumsi," lanjut Paus asal Argentina itu.

Lebih lanjut, Paus mengatakan, dia juga merasakan "kedekatan" dengan orang-orang yang mengaku tak beragama, tetapi sedang mencari kebenaran, kebaikan, dan keindahan. Yang semuanya, tambah Paus, ada dalam diri Tuhan.

"Saya sangat menghargai kehadiran Anda semua dan saya melihat ini sebagai sebuah tanda saling respek dan kerja sama untuk kebaikan manusia," kata Paus kepada para tokoh agama yang hadir di Vatikan.

Sementara itu, kepada denominasi Kristen lainnya, Paus menegaskan, dia tetap akan melanjutkan dialog dengan mereka.
Dengan pihak Yahudi, Paus juga mengutarakan keinginannya untuk melanjutkan dialog yang dimulai sejak Konsili Vatikan II pada 1960-an.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com