Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerugian Akibat Bencana 138 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 18/03/2013, 08:59 WIB
Anastasia Joice

Penulis

 

GENEVA, KOMPAS.com -  Berapa kerugian global akibat bencana alam sepanjang tahun 2012 lalu ? Berdasarkan Laporan Badan Perserikatan Bangsa-bangsa untuk Pengurangan Risiko Bencana menyebutkan angka 138 miliar dollar AS.

Separuh dari jumlah ini merupakan klaim dari bencana kekeringan dan badai Sandy di AS. Klaim bencana yang sekitar Rp 13 triliun itu setara dengan anggaran pengadaan air bersih Indonesia tahun 2013 ini.  

Badai Sandy yang melanda pantai timur AS pada Oktober lalu menyebabkan kerugian sebesar 50 miliar dollar AS. Sedangkan kekeringan menyebabkan kerugian sebesar 20 miliar dollar AS.  Kerugian terbesar terjadi pada tahun 2011.

Ketika itu, total kerugian akibat bencana alam diperkirakan sebesar 371 miliar dollar AS. Lebih dari separuh jumlah ini berasal dari Jepang yang mengalami gempa bumi dan tsunami.

Kerugian di Jepang sekitar 214 miliar dollar AS.   Angka-angka ini dihitung hanya berdasarkan kerugian yang diasuransikan. Sehingga jumlah kerugian sebenarnya pasti jauh lebih besar mengingat di negara berkembang hanya sebagian kecil orang saja yang memiliki asuransi kerugian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com