Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Benediktus XVI Akan Pimpin Misa Terakhirnya

Kompas.com - 13/02/2013, 15:52 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com- Paus Benediktus XVI dijadwalkan akan tampil di muka publik untuk pertama kalinya setelah menyatakan pengunduran dirinya sebagai pemimpin umat Katolik sedunia.

Paus dijadwalkan muncul dan menyapa umat yang akan memadatai lapangan Basilika Santo Petrus lewat jendela kamarnya pada pukul 16.30 WIB. Selanjutnya Paus akan memimpin misa Rabu Abu di Gereja Santa Sabina di Bukit Aventine Roma pada pukul 23.00 WIB.

Misa ini akan menjadi misa terakhir yang dipimpinnya sekaligus tugas terakhir yang menandai akhir masa kekuasaan delapan tahunnya, yang merupakan salah satu masa jabatan paus tersingkat dalam sejara Katolik.

"Ini akan menjadi perayan yang penting dan yang terakhir dipimpin Bapa Suci," kata juru bicara Vatikan, Federico Lombardi.

Sementara itu, para kardinal terpenting diharapkan segera tiba di Roma untuk menghadiri pemilihan paus baru atau konklaf.

Sejauh ini belum ditentukan waktu pelaksanaan konklaf, yang akan digelar di Kapel Sistine di bawah lukisan terkenal Michaelangelo yang dibuat di langit-langit kapel tersebut.

Vatikan berharap paus baru bisa terpilih sebelum perayaan Paskah pada 31 Maret mendatang. Sebelum paus baru terpilih maka seluruh roda pemerintahan Vatikan dan Gereja Katolik akan dijalankan Menteri Luar Negeri Vatikan Tarcisio Bertone.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com