Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brasil Tetapkan Tiga Hari Masa Berkabung

Kompas.com - 28/01/2013, 13:20 WIB

BRASILIA, KOMPAS.com - Pemerintah Brasil mencanangkan tiga hari masa berkabung, mengenang 245 korban tewas dalam kebakaran klub malam di kota Santa Maria, di wilayah selatan negeri itu.

Sementara itu, pemerintah kota Santa Maria menetapkan 30 hari masa berkabung akibat musibah ini.

Presiden Dilma Rousseff yang memperpendek kunjungan kerjanya ke Cile, langsung mengunjungi korban selamat yang dirawat di RS Caridade. Sebanyak 100 orang lebih masih dirawat, sebagian besar karena gangguan pernafasan akibat menghirup asap.

"Ini adalah tragedi bagi kita semua," kata Dilma.

Akibat tragedi ini, Brasil menunda upacara untuk menandai 500 hari menjelang Piala Dunia 2014 di ibu kota Brasilia yang seharusnya digelar Senin (28/1/2013).

Aparat keamanan kini tengah melakukan investigasi laporan yang mengatakan api yang disulut di atas panggung membakar bahan-bahan yang mudah terbakar di langit-langit gedung yang kemudian menghasilkan asap beracun.

Aparat juga akan menyelidiki klaim terkait minimnya pintu darurat di klub malam itu yang mengakibatkan korban tewas begitu banyak.

Inspektur polisi Marcelo Arigony seperti dikutip AP mengatakan petugas keamanan klub sempat menahan pengunjung untuk keluar klub malam itu. Klub-klub malam di Brasil lazimnya mengutip bayaran dari tamunya saat mereka akan meninggalkan klub.

Salah satu pemilik klub malam itu dilaporkan mengakui bahwa manajemen klub tengah dalam proses untuk memperpanjang izin operasional klub itu dan sertifikat keamanan kebakaran milik klub itu sudah habis masa berlakunya tahun lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com