Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dunia Arab Masih Hadapi Buta Huruf

Kompas.com - 08/01/2013, 17:16 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Dunia Arab sampai kini masih menghadapi problem buta huruf. Warta dari TAP mengutip Organisasi Liga Arab untuk Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan (Alecso) pada Selasa (8/1/2013), mengatakan sampai dengan akhir 2012, ada 27,1 persen dari populasi Dunia Arab yang masih belum melek huruf. Sekarang, populasi Dunia Arab yang meliputi 22 negara anggota Liga Arab dengan wilayah antara Samudera Atlantik di Barat, Laut Arab di Timur, Laut Tengah di Utara, dan Tanduk Afrika serta Samudera Hindia di Tenggara mencapai 400 juta jiwa.

Lembaga itu juga mencatat kalau hingga akhir 2011, 30 persen perempuan di Dunia Arab masih butuh huruf. "Mereka kekurangan akses untuk mendapatkan pendidikan,"kata pernyataan Alecso.

Alecso mengatakan sejak Konferensi Liga Arab pada 2008, pembahasan mengenai pendidikan untuk mengikis angka buta huruf belum menjadi pokok bahasan utama. Belum lagi, perkara pemberantasan buta huruf di tiap negara Liga Arab mendapat proporsi berbeda-beda. Ïnilah kendala pencapaian target pemberantasan buta huruf di Dunia Arab,"demikian Alecso.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com